ISD – Bab VI – Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat


1. Fungsi Elite Dalam Memegang Strategi.

Dalam suatu kehidupan sosial yang teratur, baik dalam konteks luas maupun yang sempit, dalam kelompok heterogen maupun homogen selalu ada kecendrungan untuk menyisihkan satu golongan tersendiri sebagai satu golongan yang penting, memiliki kekuasaan dan mendapatkan kedudukan yang terkemuka jika dibandingkan dengan Massa. Penentuan golongan minoritas ini didasarkan pada penghargaan masyarakat terhadap peranan yang dilancarkan dalam kehidupan masa kini serta andilnya dalam meletakkan dasar-dasar kehidupan pada masa-masa yang akan datang.

Kelompok minoritas yang mempunyai nilai secara sosial ini berkembang sejalan dengan perkembangan fungsional dalam suatu masyarakat. Perkembangan elite sebagai suatu kelompok minor yang berpengaruh dan menentukan dalam masyarakat tetap beranjak dari fungsi sosialnya disamping adanya pertimbangan-pertimbangan lain sesuai dengan latar belakang sosial budaya masyarakat. Ada dua kecendrungan yang digunakan untuk menentukan elite dalam masyarakat yaitu:

Pertama, menitikberatkan pada fungsi sosial dan yang kedua pertimbangan-pertimbangan yang bersifat moral. Kedua kecendrungan penilaian ini menurut Parson melahirkan 2 macam elite yaitu; Elite Eksternal dan Elite Internal.

Elite internal menyangkut integrasi moral serta solidaritas sosial yang berhubungan dengan perasaan tertentu pada saat tertentu, sopan santun, dan keadaan jiwa. Sedangkan Elite eksternal ialah meliputi pencapaian tujuan dan adaptasi , berhubungan dengan probem-problem yang memperlihatkan  sifat yang keras, masyarakat lain atau masa depan yang tak tentu.

Golongan elite sebagai minoritas sering ditampakkan dengan beberapa bentuk penampilan antara lain:

–  Elite menduduki posisi penting dan cenderung merupakan poros kehidupan masyarakat secara keseluruhan.

–  Faktor utama yang menentukan kedudukan mereka adalah keunggulan dan keberhasilan yang dilandasi oleh kemampuan yang baik bersifat fisik maupun psikis, material maupun immaterial , merupakan heriditer maupun pencapaian.

–  Dalam hal tanggung jawab, mereka memiliki tanggung jawab yang besar jika dibandingkan dengan masyarakat lain.

–  Ciri-ciri lain merupakan konsekuensi logis dari ketiga hal diatas adalah imbalan yang lebih besar yang diperoleh atas pekerjaannya dan usahanya.

Sejalan dengan ciri-ciri golongan elite dan berdasarkan tata norma yang melahirkan stratifikasi sosial, maka kita akan mengenal beberapa macam elite. Tujuan yang hendak dicapai, penyesuaian diri, integrasi, memeperhatikan serta memelihara norma yang berlaku dan memperhatikan kepemimpinan.

Sehubungan dengan fungsi yang harus dijalankan elite dalam memegang pimpinan ia harus dapat mengatur strategi yang tepat. Dalam hal ini kita dapat membedakan elite pemegang strategi secara garis besar sebagai berikut:

–  Elite Politik, elite yang harus berkuasa dalam mencapai tujuan. Yang paling berkuasa biasa disebut dengan elite segala elite.

–  Elitek Ekonomi, Militer, Diplomatik, dan Cendekiawan. Mereka yang berkuasa atau mempunyai pengaruh dalam bidang itu.

–  Elite Agama, filsuf pendidik dan pemuka masyarakat.

–  Elite yand dapat memberikan kebutuhan psikologis, seperti; artis, penulis, tokoh film, olahragawan, dan sebagainya.

Elite dari segala elit dapat menjalankan fungsinya dengan mengajak para elite pemegang strategidi tiap bidang nya bekerja sebaik-baik nya.

2. Pengertian Massa

Massa ialah suatu istilah yang dipergunakan untuk suatu pengelompokkan kolektif lain yang elementer dan spontan, yang dalam beberapa hal menyerupai crowd, tapi yang secara fundamental berbeda dengannya dalam hal-hal yang lain.

Massa diwakili oleh orang-orang yang berperan serta dalam perilaku massal sepertinya mereka yang terbangkitkan minatnya oleh beberapa peristiwa nasional, mereka yang menyebar di berbagai tempat, mereka yang tertarik pada suatu peristiwa pembunuhan sebagai diberitakan dalam pers, atau mereka berperan serta dalam suatu migrasi dalam arti luas.

1 Comment


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a comment